Senin, 09 Maret 2020

Senin, 09 Maret 2020T3/09/2020

Khasiat Dan Manfaat Ginkgo Biloba



Di Eropa Ginkgo secara luas digunakan untuk mengobati demensia. Studi menunjukkan ginkgo biloba melindungi sel-sel saraf yang rusak pada penyakit Alzheimer. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa ginkgo memiliki efek positif pada memori dan berpikir pada orang dengan Alzheimer atau demensia vaskular

Studi menunjukkan bahwa ginkgo biloba dapat membantu orang dengan penyakit Alzheimer dengan cara:
  • Meningkatkan pikiran, belajar, dan memori (fungsi kognitif)
  • Memiliki waktu lebih mudah melakukan kegiatan sehari-hari
  • Meningkatkan perilaku sosial
  • Mengurangi depresi
  • Intermittent Claudication
Intermittent Claudication, adalah nyeri yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke kaki. Orang dengan Intermittent Claudication memiliki saat dimana sulit berjalan tanpa merasa rasa sakit yang hebat. Sebuah analisis dari delapan studi menunjukkan bahwa orang yang memakai ginkgo biloba cenderung berjalan sekitar 34 meter lebih jauh dari mereka yang tidak mengkonsumsi. Bahkan, ginkgo merupakan obat yang diresepkan dokter untuk Intermittent Claudication. Namun, latihan berjalan rutin lebih baik efeknya daripada ginkgo dalam meningkatkan jarak berjalan kaki.

Kegelisahan Satu studi pendahuluan menemukan bahwa ginkgo dapat membantu mengurangi kecemasan. Orang dengan gangguan kecemasan umum dan gangguan penyesuaian yang mengkonsumsi ekstrak tertentu ginkgo memiliki gejala kecemasan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang yang tidak mengkonsumsi.

Glaukoma Satu studi kecil menemukan bahwa orang dengan glaukoma yang mengkonsumsi 120 mg ginkgo setiap hari selama 8 minggu mengalami perbaikan dalam pengelihatan mereka.

Degenerasi Makula Flavonoid yang ditemukan dalam ginkgo dapat membantu menghentikan atau mengurangi beberapa masalah pada retina, bagian belakang mata. Degenerasi makula, yang sering disebut berkaitan dengan usia lanjut merupakan penyakit mata yang mempengaruhi retina. Beberapa studi menunjukkan bahwa ginkgo dapat membantu pengelihatan pada penderita degenerasi makula.

Bagian Yang Bermanfaat
Penelitian modern telah difokuskan pada standar ekstrak Ginkgo biloba (GBE) yang terbuat dari daun hijau kering. Beberapa juga menggunakan biji binkgo untuk mencegah infeksi akibat bakteri dan jamur pada tubuh. Namun, biji ginkgo mengandung racun yang menyebabkan kejang dan kehilangan kesadaran. Sehingga penggunaan biji ginkgo tidak dianjurkan karena tidak aman.

Efek Samping Ginkgo Biloba
Ekstrak daun ginkgo aman digunakan selama dalam dosis yang benar. Beberapa efek samping yang dapat terjadi adalah ringan seperti sakit perut, sakit kepala, pusing, sembelit, detak jantung kuat, dan reaksi alergi pada kulit. Konsumsi ginkgo yang berlebihan dan melebihi dosis yang ditentukan dapat meningkatkan resiko kanker hati dan tiroid berdasarkan percobaan terhadap hewan. Sedangkan buah dan bubuk kayu ginkgo dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang parah dan iritasi pada membran mukosa. Beberrapa keadaan yang disarankan untuk tidak mengkonsumsi ginkgo karena efek samping yang fatal, diantaranya:

  • Kehamilan dan Menyusui
  • Ginkgo mungkin tidak aman bila digunakan selama kehamilan dan menyebabkan prematur atau perdarahan ekstra melahirkan. Tidak cukup diketahui tentang keamanan menggunakan ginkgo selama menyusui, namun bagi yang menyusui disarankan pula untuk tidak mengkonsumsi ginkgo.
Anak-anak: ekstrak daun Ginkgo adalah aman.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi tertentu dari ekstrak daun ginkgo ditambah ginseng aman pada anak-anak bila digunakan jangka pendek dan dosis yang dibatasi.


Diabetes Ginkgo dapat mengganggu pengendalian diabetes.

Kejang Ada kekhawatiran bahwa ginkgo dapat menyebabkan kejang. Jika Anda pernah mengalami kejang, disarankan untuk tidak menggunakan ginkgo.

Gangguan perdarahan
Bedah
Ginkgo bisa memperlambat pembekuan darah. Ini dapat menyebabkan perdarahan tambahan selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan ginkgo minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Dosis Ginkgo Biloba
Tidak ada dosis standar untuk suplemen Ginkgo biloba. Namun, dalam penelitian medis hampir semua uji klinis telah menggunakan ekstrak standar ginkgo yaitu 24% glikosida flavon dan 6% terpene lactones. Dosis umum pada orang dengan demensia (kepikunan) adalah 40 mg ekstrak tiga kali sehari. Untuk meningkatkan fungsi kognitif pada orang sehat, penelitian telah digunakan antara 120 mg sampai 600 mg ekstrak setiap hari. Namun, harus diketahui bahwa penggunaan ekstrak ginkgo harus dilakuakn secara bertahap dari dosis kecil (120 mg).

Chat Me 085322231171 untuk informasi produk Kesehatan Nutrilite Amway.

Bagikan

Jangan lewatkan

Khasiat Dan Manfaat Ginkgo Biloba
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.