Selasa, 13 September 2016

Selasa, 13 September 2016T9/13/2016

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

gigi&anak
Menjaga kesehatan gigi anak, merupakan kendala yang dibilang susah-susah gampang. Tidak semua kita sebagai orang tua memahami cara menjaga gigi anak secara benar. Karena anak-anak amat suka dengan makanan yang manis seperti, permen, cokelat dan es krim. Padahal, seperti cokelat, permen adalah makanan yang berpotensi dapat merusak gigi anak.

Bagi kita orang tua, mungkin mencegah anak makan makanan yang manis sangat sulit. Tetapi, bukan berarti kita tak bisa menghindarkan anak dari kerusakan gigi.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan gigi anak versi Mag for Women.

  1. Sikat gigi dua kali sehari, Ini merupakan perawatan gigi paling penting untuk menjaga kesehatan anak. Anda bisa mengajarkannya untuk tak lupa menyikat gigi pada pagi dan malam hari setelah makan.
  2. Jenis sikat gigi, Sikat gigi untuk anak tentu berbeda. Kita harus memilih ujung sikat yang bulat dan berbulu lembut. Fungsinya yakni menghilangkan plak dan partikel makanan tanpa merusak gusi. Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi tiga bulan sekali.
  3. Pola makanan, ajarkan anak untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan terutama saat hasrat ngemilnya muncul. Dengan demikian, kadar konsumsi terhadap makanan manis seperti cokelat dan es krim ikut berkurang.
  4. Periksa ke dokter, kita harus memberikan pengertian pentingnya ke Dokter gigi kepada anak. Jangan menakut-nakuti anak apabila dia membuat kesalahan dengan kata-kata " Ayo bawa ke Dokter gigi ya", atau "Awas ada dokter gigi", dan sebagainya. Berilah pemahaman yang positif kepada anak kita. Jadi biasakan kita ajak anak untuk periksa gigi secara teratur sehingga ketakutannya hilang secara perlahan.

Itulah cara menjaga kesehatan gigi anak kita. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.