Rabu, 21 September 2016

Rabu, 21 September 2016T9/21/2016

Penyakit Yang Menyebabkan Lesu

sebab lesu letih berkepanjangan
Perasaan lesu, lelah atau lebih, bisa kita rasakan apabila kita kurang tidur atau kurang istirahat yang cukup. Tapi pada umumnya hal ini tidak berlangsung dalam waktu yang lama. Kalau  anda merasakan mengalami hal tersebut telah berlangsung beberapa lama, ada baiknya anda disarankan berkonsultasi kepada dokter untuk melakukan tes kesehatan anda.

Rasa letih yang berkepanjangan di antaranya bisa disebabkan oleh :

  • pola hidup yang kurang baik, seperti terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein, 
  • olahraga atau aktivitas fisik yang berlebihan
  • kurang tidur 
  • pola makan yang tidak sehat.

Juga bisa disebabkan oleh pengaruh beberapa jenis obat, misalnya obat batuk, dan pilek. Dan dalam beberapa kasus, keadaan psikologis juga dapat mengakibatkan seseorang menjadi letih lesu dan tak bertenaga, seperti perasaan gelisah, depresi, berduka, dan stres.

Selain hal-hal tersebut diatas, ada beberapa penyakit yang menyebabkan letih, lesu, kebanyakan di antaranya memerlukan perhatian khusus karena dapat menyebabkan letih lesu berkepanjangan. Penyakit tersebut diantaranya adalah :

Anemia

Adalah penyakit kebanyakan penderita nya adalah kaum wanita dan dapat memberikan gejala letih lesu berkepanjangan. Anemia adalah keadaan di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen diperlukan tubuh untuk pembentukan energi.
Mereka yang memiliki faktor risiko terkena anemia adalah mereka yang kekurangan zat besi, vitamin B12, dan asam folat; memiliki kelainan usus; menstruasi banyak dan lama; wanita hamil; serta memiliki penyakit kronis.

Penyakit anemia memerlukan terapi yang bebeda pada setiap penderitanya, tergantung dari penyebab anemia tersebut. Anemia dapat didiagnosis dan diketahui jenisnya melalui pemeriksaan darah.

Diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit metabolik di mana terjadi masalah dalam metabolisme glukosa dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena insulin yang tidak ada, kurang, atau fungsinya tidak maksimal.
Terdapat dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe satu dan tipe dua. Diabetes tipe satu umumnya disebabkan karena faktor genetik, timbul pada anak atau remaja. Sementara diabetes tipe dua selain dipengaruhi oleh faktor genetik,  terutama disebabkan oleh gaya hidup : - terutama pola makan yang tidak sehat.

Selain letih lesu dan mudah lelah berkepanjangan, gejala diabetes lainnya adalah :
- mudah lapar
- sering haus
- berat badan turun
- luka yang sulit sembuh.

Penyakit tiroid

Gangguan pada hormon tiroid, pada kondisi ini hipotiroid (kurang) maupun hipertiroid (kelebihan) produksi hormon tiroid dapat menyebabkan letih lesu berkepanjangan. Selain letih lesu, hipertiroid dapat memberikan gejala jantung berdebar-debar, nafsu makan meningkat, tremor, banyak berkeringat, menstruasi tidak teratur, sulit tidur, serta rambut menjadi tipis dan mudah patah.

Gejala hipotiroid lainnya adalah :
- sensitif terhadap udara dingin
- konstipasi
- kulit kering
- berat badan bertambah
- wajah bengkak
- kelemahan otot
- depresi, dan
- memori terganggu.

Selain penyakit tersebut di atas, ada beberapa penyakit yang cukup serius yang perlu ditangani segera oleh dokter, karena dapat menyebabkan gejala letih lesu berkepanjangan, yaitu :
- kerusakan hati
- penyakit paru obstruktif kronis
- penyakit jantung
- gagal ginjal
- kanker.

Oleh karena itu, janganlah menyepelekan letih lesu berkepanjangan. Jika Anda mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter.

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyakit Yang Menyebabkan Lesu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.