Jumat, 17 Februari 2017

Jumat, 17 Februari 2017T2/17/2017

Tekanan Darah Normal Orang Dewasa

tekanan darah normal
Tekanan darah, yaitu ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh kita. Agar kinerja tubuh maksimal, setiap orang harus memiliki tekanan darah normal.

Berapa tekanan darah normal pada orang dewasa?

Yang kita ketahui pada umumnya, makin rendah tekanan darah, maka makin sehat pula tubuh kita. Tapi jangan sampai terlalu rendah karena bisa membuat kita terkena hipotensi atau tekanan darah rendah.

Orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal di bawah atau setara 120/80 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik.

Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90, tapi angka tersebut tidak mutlak. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda. Jadi Anda tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama.

Jika hal itu terjadi, berarti Anda mengidap hipertensi (tekanan darah tinggi) atau hipotensi (tekanan darah rendah). Kondisi tersebut menjadi salah satu pertanda buruknya kesehatan Anda.

Hipotensi terjadi ketika tekanan darah di bawah 90/60. Tekanan darah rendah, meski kronis sekalipun, tidak berbahaya jika penderita tidak mengalami gejala-gejala seperti :

  • mual
  • pusing
  • kelelahan
  • kehausan
  • penglihatan tidak jelas
  • pernapasan menjadi cepat dan dangkal
  • depresi
  • kurang konsentrasi
  • pingsan.

Meski tergolong jinak, tekanan darah yang terlalu rendah bisa memicu kerusakan jantung dan otak.

Hipertensi, waspadalah jika tekanan darah melebihi 120/80 atau biasa disebut pra-hipertensi. Anda dikatakan terkena hipertensi ketika tekanan darah Anda 140/90 atau lebih. Kondisi yang membahayakan jiwa ini sering tidak menampakkan gejala sehingga banyak pengidapnya yang tidak tahu jika mereka mengalami hipertensi.

Hipertensi bisa memicu penyakit mematikan seperti :
- stroke
- serangan jantung
- penglihatan terganggu
- kerusakan fatal organ lain seperti ginjal.

Siapa saja yang mudah terserang hipertensi, diantaranya :
- mereka yang kelebihan berat badan
- perokok, berusia di atas 55 tahun
- alkoholik
- jarang berolahraga
- mengonsumsi makanan yang asin
- kekurangan kalium/kalsium/magnesium

Selain itu mereka yang memiliki anggota keluarga yang mengidap hipertensi, diabetes atau penyakit jantung juga lebih berisiko.

Kontrol Tekanan Darah

Lakukan pengecekan tekanan darah secara rutin, agar bisa mengontrol tekanan darah.
Bagi yang memilik tekanan darah normal, disarankan untuk mengeceknya minimal setiap 2 tahun sekali atau ikuti petunjuk dokter.

Dan yang memiliki tekanan darah diantara 120/80 dan 139/89, dianjurkan untuk mengeceknya sekali setiap tahun atau ikuti saran dokter.

Kalau yang memiliki tekanan darah mencapai 140/90 atau lebih, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter agar bisa mendapatkan penanganan medis dengan baik.

Lakukan pola hidup sehat, seperti dibawah ini :

  1. Olah-raga secara teratur
  2. Pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang
  3. Konsumsi garam jangan berlebihan
  4. Hindari stress yang berlebih
Untuk anda yang sibuk, dan pola makan yang tidak teratur dikarenakan kesibukan, ataupun bagi anda yang sulit konsumsi sayuran dan buah-buahan sebaiknya mengkonsusmi suplemen makanan sehat yang alami atau herbal yang aman dikonsumsi.

Gunakan produk Nutrilite untuk pola hidup sehat, karena Nutrilite membantu mencegah penyakit degeneratif. Produk Nutrilite kesehatan tekanan darah lengkap terdiri dari :


Mari budayakan hidup sehat mulai saat ini, dengan Nutrilite.

Informasi Chat Me

Bagikan

Jangan lewatkan

Tekanan Darah Normal Orang Dewasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.