Selasa, 14 Maret 2017

Selasa, 14 Maret 2017T3/14/2017

Penyakit Kanker Kulit Bisa Dicegah

pencegahan penyakit kanker kulit

Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit memang bukan spesifik punya wanita, tapi wanita adalah orang yang sangat memperhatikan kulit. Penyebab utama kanker kulit itu adalah paparan sinar matahari. sinar matahari yang kuat , terutama sinar mataharinya adalah sinar ultra violet B. Tapi sinar ultra violet A juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Ada 2 kanker kulit :
- Melanoma
- Non Melanoma

Melanoma jarang sekali diderita oleh orang kulit berwarna, biasanya lebih banyak diderita oleh orang-orang berkulit putih atau kaukasian. Melanoma itu ada 4 tipe, non-melanoma ada 2 tipe:

1. Carsinoma Sel basal
2. Carsinoma sel skuamousa

Antara melanoma dan non-melanoma lebih berat melanoma, dan lebih banyak membawa kekematian. Kalau non-melanoma, jika ditemukan dini jarang sekali metastasis ke tempat jauh, terutama karsinoma sel basal.

Mendeteksi Penyakit Kanker Kulit

Kanker kulit enaknya bisa dideteksi awal, cara mendekteksinya dengan regular self eksamination.

Caranya :
  • Gunakan cermin yang besar, lampu yang terang, cermin yg lebih kecil yang bisa dipegang oleh tangan. 
  • Lihat kecermin dalam kondisi telanjang, bagian depan tubuh secara keseluruhan dari kaki sampai ke wajah, bagian samping kiri dan kanan, bagian belakang dengan bantuan cermin kecil. 
  • Telapak kaki, lipat paha, supaya kita tahu keseluruhan bagian tubuh secara menyeluruh. 
Kalau ada yang tidak wajar pada kulit anda akan ketahuan, Contohnya tahi lalat, kita tahu dimana saja tahi lalat yang ada ditubuh kita, bentuk, ukuran, lengkungan, warna, bentuk tanda lahir, bekas luka. Lakukan sebulan sekali agar kita tahu kalau terjadi perubahan pada tahi lalat kita dan segera tahu kalau ada keanehan pada kulit kita.

Gejala Kanker Kulit

Faktor resiko kanker kulit

Paparan Sinar Ultraviolet (UV)

Sinar matahari yang berbahaya bagi kulit, patokannya kalau Anda berdiri diluar dibawah sinar matahari, bayangan anda lebih pendek dari Anda itu sinar ultra violet nya tidak bagus untuk kulit Anda.

Kalau dibawah jam 10 pagi bagus untuk berjemur, dan perlu untuk berjemur, karena sinar matahari punya fungsi lain, karena sinar matahari itu membantu sintesa vitamin D didalam tubuh kita.

Titik hitam pada tubuh, makin putih kulit seseorang biasanya makin banyak titik-titik hitam. Setiap ada titik hitam tersebut kita mesti sering lagi memperhatikan dicermin.

Kulit Putih

Warna kulit, makin gelap warna kulit makin rendah kena resiko kanker kulit, makin putih makin tinggi resiko terkena kanker kulit. Tapi itu ada juga hubungannya dengan sinar ultra violet B, dan sinar ultra violet A.

Dinegara 4 musim itu tidak terlalu keras,  tapi sinar ultra violet dinegara tropis kuat, karena itu kanker kulit banyak diderita orang Autralia. Kenapa? Karena Australia itu penduduk aslinya adalah orang yang berkulit gelap, yang cocok dengan iklim tropis disana. Sedangkan sekarang Australia menjadi negara orang yang mempunyai kulit putih, yang tidak cocok dengan iklim tropis sehingga resiko penyakit kanker kulit sangat tinggi di Australia.

Faktor Keturunan

Riwayat keluarga, kalau ada dikeluarga ibu, ayah, saudara yang menderita penyakit kanker kulit Anda mesti waspada untuk resiko kanker kulit.

Pencegahan Kanker Kulit
  • Pertama Cover Up, kita harus tutup badan kita yang langsung kena sinar matahari. Karena sinar ultra violet itu akan membuat mutasi gen-gen dikulit kita. Namanya DNA Repair yaitu terjadi mutasi pertama-tama mungkin terjadi sun burn. Sun burn itu bukan mutasi, nanti bisa sembuh lagi, tapi kalau sering-sering seperti itu lama kelamaan keterusan menjadi mutasi.
  • Kedua Sun Protecion Filter, gunakan krim-krim yang ada SPF (SPF 15 itu cukup).  
  • Melindungi mata dengan kaca mata, kaca mata penting sekali, karena kalau Anda sering sekali menentang sinar matahari tanpa memakai pelindung mata, maka cepat sekali mata anda akan katarak. Perlu diingat, bukan berarti makin gelap kaca matanya makin bagus, tapi pilih kaca mata yang ada tertulis UVA / UVB protection. Kalau kaca matanya makin lebar atau besar, seperti yang lagi trend saat ini akan semakin baik karena memperkecil sinar masuk.
  • Topi, gunakan topi untuk melindungi mata dan wajah Anda supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung.
Khusus untuk kanker kulit, karena kanker kulit itu ada hubungannya dengan sinar matahari, sebaiknya pilih produk kecantikan yang melindungi wajah dan tubuh kita terhadap sinar matahari. Produk kosmetik yang baik, sebaiknya mengandung SPF 15 keatas, tapi sebelum membeli dan memutuskan merk produk apa yang akan kita gunakan, ada baiknya Anda ketahui dulu tentang SPF 15 ini.

Dari sumber yang dibaca, semua produk yang mengandung SPF sulit sekali dibuat untuk melindungi tubuh. Kenapa? Karena bentuknya partikel, harus ada teknik tertentu sehingga SPF 15 itu bisa dioleskan ditubuh. Karena itu kalau Anda mencari produk yang mengandung SPF 15 harus melihat pabriknya, pabrik yang terpercaya, jangan sembarang yang ada SPF kemudian dibeli, apalagi dicari yang murah aja. Kalau murah berarti bikin nya bisa asalan tidak dengan penelitian yang seksama dan tidak akan melindungi kulit kita. Kalau kita menggunakan produk yang mengandung SPF 15, kita gunakan itu dulu, baru kita menggunakan make up, karena ia akan kena dikulit kemudian memberi reaksi kimia dengan kulit, itu yang akan memberikan perlindungan dari sinar ultra violet. Sinar ultra violet akan direfleksikan kalau kita terima dia akan direfleksikan lagi kearah lain atau dia akan diabsorsi, tergantung apa yang dikandung dalam sun creme agent itu. sun Cream Agent ada macam-macam, ada yang isinya FabaZinctitanium. Yang isi nya Faba biasanya dia merefleksikan sinar ultra violet, yang zinc dan titanium dia meng-absorsi, jadi sinarnya diterima tapi diadalm kulit diubah menjadi lemah energi nya, keduanya baik. Jadi sekarang kalau Anda mencari produk yang ada SPF, lihat SPF nya harus mengandung SPF 15 keatas, dan terlindung terhadap sinar ultra violet B, juga terlindung dari sinar ultra violet A. Karena dahulu hanya sinar ultra violet B saja yang dikatakan menyebabkan kanker kulit. Ternyata penelitian terkini sinar ultra violet A juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Salah satu produk kecantikan yang direkomendasikan adalah  Artistry. Semua moisturiser yang mengandung SPF 15, Protecting Lotion, termasuk foundation yang mengandung SPF 15 itu sebaiknya kita pakai. Karena itu dapat melindungi kulit kita terhadap sinar matahari, sinar ultra violet B nya dan juga sinar ultra violet A.

Kemudian semua produk anti aging, Time Defience, LX Creme, itu kita gunakan setiap hari, bukan kadang-kadang. Sehingga tubuh kita, terutama wajah terhindar dari paparan sinar matahari yang bisa membuat sel kulit kita mutasi.

Artistry

Mengapa harus Artistry?

Artsitry juga dibuat oleh pabrik yang sama dengan Nutrilite yaitu Amway, dan Artistry juga melalui proses yang alami, tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh dan kulit kita. Sehingga Artistry patut untuk kita gunakan juga untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Kesimpulan:
  • Dan harus diperhatikan untuk kanker kulit, Anda harus perhatikan produk perlindungan terhadap tubuh, terhadap sinar matahari, ultra violet B, ultra violet A. Gunakan produk untuk perlindungan kulit dan wajah yang aman.
Catatan : Jika Anda tertarik untuk mendengarkan dari CD kesehatannya langsung, karena pakar kesehatan yang berbicara, Anda bisa saya pinjamkan CD2 nya. silahkan Chat Bunda Rita Blog.

Informasi produk Artistry Amway, anda bisa hubungi kontak Bunda Rita Blog, atau Chat langsung dibawah ini :

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyakit Kanker Kulit Bisa Dicegah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.