Selasa, 21 Februari 2017

Selasa, 21 Februari 2017T2/21/2017

Manfaat Cokelat Dan Khasiatnya

Ternyata cokelat tak hanya bikin jantung sehat dan mengurangi depresi, manfaat lain dari cokelat berkhasiat menyembuhkan kaki pegal. Terutama pada cokelat hitam, didalamnya terkandung Antioksidan yang mampu membantu mengatasi penurunan aliran darah pada kaki yang kerap mengakibatkan kaki pegal.

Dari sumber yang saya baca,
Satu penelitian skala kecil di Italia menemukan, antioksidan yang terkandung didalam cokelat hitam ternyata mampu membantu mengatasi penurunan aliran darah pada kaki yang kerap mengakibatkan kaki pegal. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association ini menemukan, orang dengan gangguan arteri di kakinya bahkan bisa berjalan sedikit lebih lama setelah mengkonsumsi cokelat hitam.

Didalam Cokelat hitam dipercaya kaya akan polifenol, yang dapat meningkatkan aliran darah pada kaki dengan mempengaruhi biokimia yang membuat arteri melebar.

“Tubuh menyekresikan senyawa kimia yang secara natural akan membuka pembuluh darah sebagai respon dari rangsangan tertentu. Beberapa senyawa dalam cokelat hitam dapat memberi rangsangan itu,” ujar Richard Chazal, wakil presiden American College of Cardiology.

Studi ini dilakukan kepada 20 orang berusia 60-70 tahun yang didiagnosa dengan penyakit arteri perifer diminta untuk berjalan di treadmill sebanyak dua kali.

Arteri perifer adalah suatu penyakit yang membuat penyempitan arteri, sehingga menghambat aliran darah dari kaki, perut, tangan, dan kepala untuk kembali ke jantung. Akibatnya, pada beberapa bagian tubuh akan terasa nyeri, keram, serta pegal pada kaki dan pinggul saat berjalan.

Partisipan kemudian diminta untuk mengonsumsi cokelat pada saat sebelum dan setelah treadmill. Hasilnya, setelah makan cokelat, peserta rata-rata berjalan 11 persen lebih jauh dan 15 persen lebih lama dari sebelumnya. Adapun cokelat yang memberi dampak adalah cokelat hitam, dengan kadar kakao 85 persen yang kaya polifenol.

Jadi bedasarkan penelitian tesebut, cokelat yang selama ini kita kenal sebagai camilan yang sangat digemari hampir setiap orang ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Terutama coklat hitam, seperti hasil penelitian di Italia. Yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association.

Bagikan

Jangan lewatkan

Manfaat Cokelat Dan Khasiatnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.